Manfaat yang Terkandug Dalam Minyak VCO Untuk Kesehatan

manfaat minyak vco untuk kesehatan

Selain di dalam negeri, virgin coconut oil (VCO) juga populer di luar negeri sebagai bahan alami yang menyehatkan.Manfaat minyak vco ini cukup banyak untuk kesehatan.

Pohon kelapa sangat mudah ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah pesisir. Tidak hanya buahnya, daun hingga batang pohon kelapa semua bisa dimanfaatkan. Berbagai produk populer berbahan dasar kelapa, mulai dari bumbu masak hingga minyak pijat atau aromaterapi.

Kandungan Nutrisi VCO

Minyak kelapa murni mengandung hampir 100% lemak. Meski demikian, lemak dalam VCO mempunyai struktur yang berbeda dengan lemak minyak kelapa yang lain.Minyak ini biasanya dibut dengan menggunakan mesin VCO, mesin ini bisa anda dapatkan di rumah mesin

Pada dasarnya, VCO diketahui mengandung zat yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik. Berikut takaran nutrisi yang disajikan dalam 1 sendok makan (sdm) VCO:

  • Kalori: 121 kilokalori (kkal)
  • Protein: 0 gram (g)
  • Jumlah lemak: 13,5 g
  • Kolesterol: 0 miligram (mg)

Manfaat Minyak VCO untuk Kesehatan

manfaat minyak vco untuk kesehatan

Minyak kelapa umumnya digunakan sebagai minyak pijat. Namun, minyak kelapa murni juga bisa dikonsumsi lho. VCO dapat dikombinasikan dengan serangkaian program untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut manfaat yang akan didapatkan:

1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang banyak mengandung lemak jenuh, minyak kelapa murni diperkaya dengan asam lemak yang membantu metabolisme tubuh, sehingga mencegah penumpukan lemak di arteri.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa populasi di dunia seperti di Sri Lanka atau masyarakat Kitavan di Papua Nugini yang mengkonsumsi minyak VCO dalam jumlah besar dan memiliki kasus serangan jantung yang lebih rendah.

2. Mendorong Pembakaran Lemak Tubuh

Manfaat VCO yang apabila dipadukan dengan olahraga ringan bisa mendorong pembakaran lemak dalam tubuh dan menghasilkan energi tambahan.

Studi menunjukkan bahwa makan 15 sampai 30 gram minyak kelapa murni per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 5% dari biasanya.

Selain menghasilkan energi, pembakaran lemak dapat mencegah masalah obesitas atau kelebihan berat badan.

3. Meredakan Kejang

Mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asam lemak memiliki efek meningkatkan kadar keton dalam darah.

Peneliti mempelajari bahwa diet ketogenik mampu mengobati berbagai gangguan kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi kejang pada anak yang terkena epilepsi yang resisten terhadap obat.

Meski perlu dikaji lebih dalam, beberapa peneliti meyakini minyak VCO bisa mengatasi kejang pada epilepsi.

4. Memiliki Efek Anti-Mikroba

Mungkin Anda pernah menemukan kandungan VCO di beberapa produk kecantikan seperti sabun mandi, pembersih wajah atau make-up.

Hal ini tidak mengherankan mengingat VCO memiliki sifat antimikroba untuk membunuh kuman. Apabila digunakan secara tepat minyak VCO ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, penelitian pada tabung reaksi juga sudah menunjukkan bahwa minyak kelapa murni ini sangat efektif dalam membunuh bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan penyebab infeksi jamur pada manusia.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu khasiat menarik lainnya dari minyak kelapa murni adalah dapat mencegah rasa lapar. Hal ini terkait dengan adanya peningkatan konsentrasi keton yang mempunyai efek samping yaitu penurunan nafsu makan secara signifikan.

Sehingga secara tidak langsung juga berdampak pada penurunan berat badan. Minyak VCO ini bisa Anda tambahkan ke menu diet harian Anda.

6. Meningkatkan Kadar HDL (Kolesterol Baik)

Tidak hanya dapat mendorong pembakaran lemak dalam tubuh dan dapat meningkatkan kesehatan jantung, konsumsi minyak kelapa juga mampu meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Hal ini dilakukan dengan cara menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat. Tentu saja efek ini bisa optimal jika dibarengi dengan konsumsi makanan yang bergizi dan sehat serta olahraga yang teratur.