Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Kering Spesial

Apakah kalian tahu cara membuat manisan kolang kaling kering? Kali ini mimin akan membagikan resep rahasia cara membuat manisan kolang kaling kering sederhana yang pasti rasanya sangat enak dan segar.

Buah kolang kaling sangat enak dijadikan olahan manisan kering maupun manisan basah. Jika diolah menjadi manisan kering, rasanya pasti lembut dan empuk. Untuk mempercantik manisan kolang kaling kering ini kita dapat menggunakan pewarna makanan namun juga dapat menggunakan aneka rasa sirup, fanta, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Kering Spesial

Kolang kaling terbuat dari biji buah pohon aren. Cara membuat kolang kaling ini biasanya buah aren dibakar sampai hangus, dan diambil bijinya untuk direbus kira kira 3 jam. Kemudian direndam dengan larutan kapur sirih.

Penggunaan kolang kaling ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat aneka macam minum yang segar, contohnya kolak,es campur, es buah, dan masih banyak lagi. Rasa dari kolang kaling ini kenyal dan segar bahkan banyak manfaat yang dapat kita ambil dari mengonsumsi kolang kaling ini

KHASIAT DAN MANFAAT KOLANG KALING| Membuat Manisan Kolang Kaling Kering


1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat yang pertama yaitu dapat melancarkan Sistem pencernaan manusia. Bagi orang yang mempunyai masalah buang air besar atau gangguan pencernaan dan tidak ingin mengkonsumsi obat atau minuman pelancar pencernaan yang mengandung bahan kimia, anda dapat mengonsumsi kolang kaling yang terbuat dari bahan alami untuk melancarkan sistem pencernaan.

Karena dengan mengkonsumsi masing-masing 5 – 10 butir dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh dan 39% serat kasar pada kolang-kaling mampu melancarkan proses pembuangan air besar.

Selain itu, orang yang sedang diet juga bisa memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang tinggi dicerna lambung lebih lama sehingga dapat menyimpan energi lebih lama di dalam lambung sehingga dapat dijadikan camilan sehat bagi orang yang sedang menjalani diet sehat.


2. Mengatasi Penyakit Radang Sendi

Jika anda merasakan persendian dan pegal atau nyeri saat naik tangga, bisa jadi anda menderita radang sendi, dan untuk mengatasi radang sendi anda bisa makan kolang kaling dengan cara yang benar dan teratur.

Kandungan 52,9% karbohidrat pada kolang kaling ini mampu memberikan efek analgesik atau pereda nyeri sehingga dapat mengurangi nyeri akibat radang sendi.

Sedangkan untuk radang sendi ini, penderita dapat mengkonsumsi 100 sampai 200 gram buah kolang kaling setiap hari tanpa gula, namun jika tidak terbiasa dengan kolang kaling tanpa rasa manis, anda dapat merebus menggunakan pandan, jahe atau kayu manis sebagai gula agar kita bisa makan kolang kaling tanpa perlu menambah kadar gula dalam tubuh.


3. Memperkuat Tulang

Manfaat selanjutnya yaitu untuk tulang, selama ini kita sudah sangat yakin bahwa susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk tulang kita.

Namun tahukah anda bahwa kolang kaling juga memiliki kandungan kalsium yang cukup besar? Jika kita bandingkan dalam 100 gram kolang kaling yang mengandung 91 mg kalsium, dan susu sapi murni terdapat 125 mg kalsium, maka bila dihitung dari kalsium pada kolang kaling lebih sedikit 34 mg per 100 gram.

Namun meski begitu, jika kita hanya mengandalkan susu berkalori tinggi sebagai sumber kalsium kita, maka berat badan kita bisa meningkat. Hal ini bisa mengakibatkan obesitas dan persendian akan semakin sakit karena tulang tidak cukup kuat untuk menopang tubuh.

Jadi kolang kaling bisa menjadi camilan sehat sekaligus sumber protein yang aman bagi anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh.


4. Membuat Tubuh Segar dan Fit

Dibalik rasanya yang enak ternyata kolang kaling mengandung manfaat yang banyak dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Diantaranya kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang dapat menyegarkan tubuh sekaligus mempercepat proses metabolisme dalam tubuh.

Menurut penelitian, kandungan air di sekitar kaling bisa mencapai 94%, kandungan air ini bisa membuat kita segar setelah makan kolang kaling.

Selain itu, kandungan mineral seperti kalsium, zat besi dan fosfor yang tinggi pada kolang kaling juga efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Untuk resep mudah membuat manisan kolang-kaling kering, simak di bawah ini ya. Berikut ini resep spesial cara membuat manisan kolang kaling kering dengan mudah dan praktis.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Kering

Berikut ini cara membuat manisan kolang kaling, Sebenarnya banyak buah yang dapat digunakan untuk membuat manisan kering, misalnya manisan nanas kering, manisan pepaya kering, manisan salak kering, dan masih banyak lagi. Yuk simak !

BAHAN :

  • 1 kg kolang-kaling
  • 600 gram gula pasir
  • Asam Sitrat (Secukupnya)
  • 5 gram Garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Air bekas cucian beras secukupnya
  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 liter air
  • Pewarna makanan alami secukupnya, boleh warna-warni merah, hijau, kuning, sesuai selera.

CARA MEMBUAT MANISAN KOLANG KALING :

  1. Peras jeruk nipis, kemudian ambil airnya.
  2. Cuci kolang kaling menggunakan air jeruk nipis, remas remas dan diamkan sebentar. Tujuanya agar kolang kaling tidak berlendir.
  3. Rendam kolang kaling di air bekas cucian beras, selama 1 jam. Sehingga kolang kaling menjadi kesat dan berwarna putih.
  4. Bilas dengan air bersih.
  5. Rendam kembali kolang kaling menggunakan air dan tambahkan 5grm garam, selama 15 menit. Kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Rebus gula pasir, air dan pandan, bila perlu tambahkan pewarna untuk mempercantik kolang kaling.
  7. Rendam kolang kaling dengan rebusan diatas selama 3 malam dan simpan di kulkas.
  8. Jika sudah, kemudian Angkat dan tiriskan kolang-kaling yang telah direndam dan ditata rapi dalam loyang aluminium.
  9. Langkah selanjutnya yaitu tahap pengeringan, Masukkan kolang kaling yang akan dikeringkan kedalamĀ oven pengering pada suhu temperatur 60 -70oC kira-kira selama 12 jam.
  10. Setelah selesai dikeringkan, maka tiriskan lah sebentar, sampai dingin.
  11. Selesai. Anda dapat memasukan manisan kolang-kaling kering kedalam wadah dan Manisan kolang kaling kering siap disantap.

Demikian informasi dan cara membuat manisan kolang kaling kering, Untuk informasi lainnya dapat mengunjungi web disini dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Oiya, kalian dapat mempraktekkannya dirumah masing-masing ya.. Selamat mencoba, See you ^^