Bagaimana Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik?

Mendaur Ulang Sampah Plastik

Bagaimana Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik? Apakah Anda tahu cara mendaur ulang plastik? Plastik digunakan hampir di mana-mana dan untuk segala hal. Bahkan bisa dikatakan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat.

Dikarenakan, penggunaan plastik bakalan membuat dampak signifikan terhadap lingkungan. Sampah plastik mengancam fauna laut dan juga membutuhkan waktu ratusan tahun agar dapat terurai. Selain itu, sebagian besar plastik yang terdapat saat ini berasal dari minyak bumi, yang termasuk sumber daya yang tidak bisa diperbarui. Jadi cara mendaur ulang plastik yang benar perlu Anda ketahui.

PROSES DAUR ULANG PLASTIK

Mendaur Ulang Sampah Plastik
Workers sorting papers on factory assembly line for recycling at recycling plant.

Proses daur ulang plastik dibagi menjadi beberapa langkah. Umumnya, pada tahap ini untuk sebagian besar jenis fasilitas daur ulang. Tetapi, kadang langkah tertentu dihilangkan atau digabungkan.

Berikut ini beberapa langkah melakukan proses daur ulang plastik:

1. KOLEKSI

Langkah awal dalam proses daur ulang plastik ini sepenuhnya bergantung pada bisnis, restoran, dan masyarakat untuk membuang sampah plastik pada tempatnya.

Setelah dibuang di tempat sampah biasa, plastik tidak akan didaur ulang. Kita dapat belajar kalau pentingnya dalam memisahkan sampah biasa dengan sampah plastik.

Seharusnya, pemerintah juga harus mempunyai sistem pengumpulan sampah plastik yang diterapkan di rumah ataupun dalam bisnis.

Tapi jika tak memungkinkan, lebih baik tempat pengumpulan plastik mudah dijangkau oleh masyarakat, sehingga dapat memudahkan mereka yang ingin membuang sampah plastik dengan baik.

Jangan Lupa Mampir Ke Website Utama Kami : RumahMesin

2. SORTING

Sesudah tahap pengumpulan, langkah yang selanjutnya dalam proses daur ulang plastik yaitu adalah penyortiran, biasanya plastik disortir dengan berdasarkan beberapa cara umum. Contohnya adalah jenis plastik (bahan pembuatannya), warna plastiknya, atau bahkan cara pembuatannya.

Langkah didalam proses daur ulang plastik ini penting, mengingat semua jenis plastik yang berbeda harus diperlakukan secara berbeda.
Terlebih lagi terkadang beberapa fasilitas daur ulang hanya dapat mendaur ulang satu jenis sampah plastik.
Selain itu, pemisahan plastik dengan berdasarkan jenis dan juga warna juga memiliki kaitan dengan harga jual penghitungan plastik.

3. MENCUCI

Mendaur Ulang Sampah Plastik

Tidak hanya pakaian, bahkan buah-buahan dan sayur-sayuran pun perlu dicuci. Plastik yang akan didaur ulang sama sebelum masuk ke tahap selanjutnya.

Tujuan dari langkah daur ulang plastik ini adalah untuk menghilangkan kotoran dan segala sesuatu yang tidak terbuat dari plastik.

Seperti yang kita ketahui, banyak wadah dan kemasan memiliki label, perekat, atau bahkan sisa makanan yang perlu disingkirkan.

Pasalnya, sampah non-plastik tidak dapat didaur ulang dan dapat menyebabkan produk akhir menjadi berkualitas buruk.

4. MENGUBAH UKURAN (UBAH UKURAN)

Salah satu tahapan dalam artikel cara mendaur ulang plastik ini, dilakukan dengan cara menghancurkan atau membuat butiran sampah plastik menjadi partikel yang lebih kecil.

Cara ini akan menambah luas permukaan plastik, hingga dapat lebih mudah untuk diproses, dibentuk kembali, dan juga diangkut jika diperlukan.

Baca Juga : Mesin Pencacah Plastik

5. IDENTIFIKASI DAN PEMISAHAN PLASTIK

Mendaur Ulang Sampah Plastik

Identifikasi dan pemisahan plastik berarti ketika partikel plastik kecil diuji untuk menentukan kualitas dan kelasnya.

Dalam tahap proses daur ulang plastik, pertama yang diuji yaitu adalah kualitas tingkat kepadatannya.

Proses ini dilakukan dengan cara mengapungkan partikel dalam tangki air yang besar. Kemudian, partikel yang kurang padat akan mengapung. Dan partikel yang lebih padat bakalan tenggelam.

Kemudian udara diklasifikasikan untuk mengukur seberapa tebal atau tipis suatu partikel.

Langkah- langkah didalam proses daur ulang plastik dilaksanakan dengan menjatuhkan partikel ke dalam terowongan angin kecil.

Kemudian, potongan-potongan yang lebih kecil akan terbang ke atas terowongan. Sedangkan yang lebih besar akan berada pada level yang lebih rendah.

6. Peracikan

Langkah terakhir dalam proses daur ulang plastik ini sering dianggap paling mengasyikkan. Apalagi pada tahap ini partikel-partikel tersebut akan dibuat menjadi bahan daur ulang yang nantinya dapat digunakan untuk produksi di masa depan.

Peracikan adalah tahap ketika partikel kecil dihancurkan dan dilebur menjadi pelet plastik. Kemudian, pelet ini bisa dipakai untuk produksi plastik lainnya.

Begitulah Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik. Semoga bermanfaat, terima kasih.