Olahan dari Tepung Beras yang Enak, Lezat, dan Mudah Dibuat

olahan dari tepung beras

Olahan dari tepung beras cukup beragam, contohnya yaitu kue tradisional. Indonesia merupakan negara yang terkenal akan wisata kulinernya yang sangat kaya.

Salah satu bahan makanan yang biasa dipakai dalam membuat hidangan-hidangan khas Indonesia adalah tepung beras. Jenis tepung yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat.

Tepung beras adalah jenis tepung yang terbuat dari beras yang dihaluskan. Tepung tersebut menjadi bahan pembuatan makanan yang populer di Indonesia. Berbagai jenis olahan dari tepung beras sendiri sangatlah beragam, baik dari segi bentuk sampai pada rasanya.

Olahan dari Tepung Beras

olahan dari tepung beras

Berikut ini beberapa olahan makanan dari bahan tepung beras yang paling populer di Indonesia.

1. Kue Lapis

Olahan tepung beras yang pertama yaitu ada kue lapis. Kue lapis adalah kue khas Nusantara yang banyak diperjualbelikan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Selaras dengan namanya, kue lapis terdiri dari beberapa lapisan yang memiliki perbedaan warna.

Kue tersebut memiliki cita rasa manis yang khas dengan aroma yang khas juga. Biasanya warna kue lapis berasal dari  pewarna alami yang tentunya tidak berbahaya untuk kesehatan, salah satunya adalah daun pandan. Kue lapis tersebut mudah ditemukan karena umumnya dijual di pasar atau toko-toko kue.

Harga kue ini juga tergolong murah sehingga semua orang dapat menikmatinya. Kue lapis terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji, gula, santan, garam, serta pewarna.

2. Serabi

Serabi atau surabi adalah makanan yang cukup populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan lezat. Serabi ini terbuat dari tepung beras dan juga santan yang kemudian dimasak di atas tungku sehingga memiliki cita rasa yang khas. Meski rasanya identik dengan manis, akan tetapi serabi juga tersedia dalam varian rasa asin atau gurih.

Serabi manis umumnya disiram dengan gula merah cair di atasnya. Sementara itu serabi asin umumnya dibubuhi oncom sebagai penambah kelezatan saat disantap.

Kue serabi dapat dengan mudah kalian temukan di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Sebagai informasi, saat ini sudah ada kue serabi kekinian dengan berbagai topping menarik.

3. Bubur Sumsum

Bubur tidak selalu memiliki rasa yang asin karena di Indonesia terdapat bubur yang memiliki rasa manis yang amat lezat, apalagi kalau bukan bubur sumsum. Namanya tersebut diambil karena bubur sumsum memiliki warna putih bersih seperti warna tulang sumsum.

Rasa manisnya yang lezat membuat siapa saja bisa jatuh cinta pada bubur sumsum itu. Rasa manis tersebut berasal dari kuah gula merah yang umumnya disantap secara bersamaan dengan buburnya.

Selain mudah dibuat, bubur sumsum ternyata juga mudah dicari sehingga menjadi olahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, kelezatan bubur sumsum juga sudah masuk ke beberapa negara tetangga seperti di Malaysia.

4. Kue Cucur

Kue cucur adalah kudapan khas Asia Tenggara yang memiliki rasa manis legit yang khas. Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula aren yang kemudian digoreng sehingga memiliki warna cokelat gelap serta rasa manis yang nikmat. Kue tersebut bisa kalian temukan hampir di seluruh Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Memiliki bentuk yang unik menyerupai gunung, kue cucur tersebut dikategorikan sebagai kue tradisional sehingga selalu hadir dalam kegiatan-kegiatan tradisi di Indonesia, khususnya Betawi. Kue cucur lebih nikmat disantap dalam kondisi yang hangat karena masih wangi dan bertekstur lembut.

5. Kue Talam

Kue ini adalah makanan khas Indonesia yang sangat populer karena mudah kita temui di mana-mana, khususnya pada bulan puasa. Itu karena kue yang memiliki cita rasa manis tersebut sangat cocok dijadikan hidangan saat berbuka puasa.

Kue talam terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung lain, seperti tepung tapioka dan juga tepung terigu. Kue yang satu ini biasanya memiliki aroma pandan yang khas karena melibatkan daun pandan pada proses memasaknya. Selain lezat, kue tersebut tergolong pada makanan sehat karena dibuat dengan bahan alami.

6. Kue Apem

Kue apem merupakan salah satu jenis kue tradisional khas Indonesia. Sekilas, bentuk kue apem hampir sama dengan serabi, hanya saja kue apem itu lebih tebal. Kue apem terbuat dari tepung beras, telur, gula, santan, serta garam yang didiamkan selama satu malam kemudian dikukus.

Kue tersebut memiliki rasa yang manis dengan tekstur lembut yang khas. Kehadiran kue apem di Indoensia memiliki sejarah tersendiri.

Konon, kue apem ini dibawa oleh Ki Agrng Gribig selepas perjalanannya dari Tanah Suci. Karena terlalu sedikit, kue apem yang dibawanya itu kemudian dibuat ulang oleh istrinya.

Sampai saat ini, kue apem menjadi kudapan tradisional yang selalu dijajakan pada berbagai acara tertentu. Contohnya yaitu seperti acara selamatan pada hari besar umat Islam di Indonesia.

7. Nagasari

Olahan tepung beras selanjutnya yaitu nagasari atau nogosari dalam sebutan Jawa. Kue yang satu ini berbahan dasar tepung beras, tepung sagu, serta santan yang umumnya dibungkus dengan daun pisang. Di dalam tepung umumnya dibubuhi potongan pisang raja sehingga menambah kenikmatan dari kue yang satu ini.

Kue nagasari memiliki rasa yang manis legit dengan aroma pandan yang khas. Selain itu, teksturnya yang kenyal juga membuat kue nagasari semakin menarik untuk disantap. Kue tradisional tersebut selalu hadir pada acara-acara adat tertentu di Indonesia, khususnya pulau Jawa sebagai jamuan atau kudapan.

8. Putu Ayu

Putu ayu merupakanjenis kue tradisional Indonesia yang memiliki bentuk yang unik seperti bunga. Itu karena kue ini umumnya dibuat dengan cetakan berbentuk bunga. Meski begitu, tak sedikit putu ayu yang dibuat dengan bentuk lainnya seperti bulat.

Putu ayu terbuat dari bahan dasar tepung beras dengan tambahan pewarna. Biasanya putu ayu dibuat dengan warna putih, merah muda, dan hijau.

Akan tetapi, yang paling banyak ditemui yaitu putu ayu berwarna hijau. Bagian atas putu ayu umumnya dibubuhi parudan kelapa yang mempercantik penampilannya.

Kue yang satu ini memiliki rasa manis yang pas serta gurih yang ditimbulkan dari parudan kelapa itu sendiri. Putu ayu juga banyak dijajakan pada acara-acara tradisional berkat rasanya yang enak dan lezat serta mudah dibuat.

9. Kue Cincin

Seperti namanya, kue ini memiliki bentuk bulat melingkar dengan bagian di tengahnya bolong yang menyerupai cincin. Kue tersebut menjadi kue yang sangat populer di Indonesia karena mudah ditemui. Kue cincin terbuat dari tepung beras dengan campuran gula merah sehingga memiliki rasa manis yang lezat dan nikmat.

Kue tradisional tersebut juga sering dijadikan kudapan pada acara-acara adat tertentu. Tidak hanya populer di Indonesia, kue cincin juga bisa kalian temukan di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunei.

10. Cendol

Tidak hanya bisa dibuat menjadi berbagai olahan kue, tepung beras juga bisa dijadikan bahan pembuatan cendol. Minuman yang menyegarkan tersebut memiliki isian berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras.

Cendol biasanya disajikan dengan es batu dan siraman gula merah, sehingga menjadi minuman yang nikmat dan menyegarkan. Es cendol juga memiliki nama lain yaitu es dawet bagi masyarakat yang tinggal di daerah Jawa Tengah. Minuman yang satu ini sangat cocok dinikmati di siang hari yang panas sebagai penghilang dahaga.

Itulah pembahasan saya mengenai olahan dari tepung beras. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai olahan dari tepung beras yang enak, lezat, dan mudah dibuat ini, kalian juga bisa mengetahui tentang mesin penepung diskmill serbaguna yang ada di link ini. Semoga pembahasan ini bermanfaat serta memberikan pengetahuan baru mengenai olahan dari tepung beras.