Pengganti Jagung untuk Ayam Petelur

Pengganti jagung untuk ayam petelur. Dalam usaha ternak unggas, biaya pakan merupakan komponen dalam peternakan yang memakan biaya besar hingga 75%, Sehingga diperlukan pertimbangan dan alternatif pakan untuk menekan biaya.

Namun dalam menentukan alternatif pakan juga diperlukan pemerhatian pakan pengganti tersebut. setidaknya bahan pakan alternatif harus memiliki nilai gizi yang mirip dengan bahan pakan sebelumnya.

Jagung merupakan bahan pakan yang paling umum digunakan untuk hewan ternak unggas. Namun saat ini harga jagung terus naik seiring dengan meningkatnya permintaan pasar. Impor jagung pun sudah kerap dilakukan namun jagung impor memiliki harga yang cukup mahal.

Upaya yang paling tepat dalam menyelesaikan permasalahan bahan pakan ini adalah dengan menemukan bahan pakan yang memiliki gizi yang serupa dengan jagung dan memiliki harga yang terjangkau serta mudah didapatkan.

Peran Jagung Sebagai Bahan Pakan Ternak

Jagung merupakan tumbuhan serealia yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pakan  ternak.  Hampir seluruh bagian pada tanaman jagung bisa dimanfaatkan.

Umunya pada pakan ternak, bagian jagung yang dimanfaatkan adalah bagian  biji dan daun hijaunya. Namun saat ini sudah ada inovasi pengolahan yang bisa menjadikan bagian jagung yang awalnya hanya dianggap sampah bisa menjadi bahan pakan yang kaya nutrisi.

Bagian yang dimaksud adalah tongkol jagung, pohon, dan klobot jagung. Limbah jagung ini akan diolah dengan beberapa cara seperti fermentasi dan silase. Dengan proses ini akan menambah dan memperbaiki nilai gizi serta tekstur pakan agar lebih mudah dicerna oleh hewan ternak.

Untuk bagian biji juga perlu pengolahan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada hewan ternak. Biji jagung yang telah dipisahkan dengan tongkol jagung akan dijemur hingga kering dan digiling di mesin penggilingan.

Penggilingan ini dimaksudkan untuk memudahkan jagung untuk konsumsi hewan ternak. Tanpa adanya penggilingan, jagung akan lolos utuh tanpa tercerna.

Alasan Dipilihnya Jagung Untuk Pakan Ayam

pengganti jagung untuk ayam petelur

Alasan jagung menjadi pilihan utama bahan pakan ayam adalah karena kandungan yang ada pada jagung, banyak nutrisi dan manfaat yang dibutuhkan oleh ternak. Salah satunya kandungan karbohidrat yang tinggi yang bisa dijadikan sebagai sumber energi dan kandungan serat kasar yang rendah sehingga mudah dicerna oleh ayam.

Jagung sebagai pakan ternak berperan untuk sumber energi. Karena kandungan karbohidrat atau pati yang terkandung pada jagung dapat menyumbangkan energi harian pada ternak unggas dengan baik dan mencukupi. Jagung menyumbang 50% energi yang diperlukan oleh unggas.

Selain itu jagung juga memiliki kandungan protein sebesar 8,5% dan 3,5% kandungan lemak. Namun kandungan kalsium dan fosfor pada jagung cukup rendah, sehingga perlu dicampur dengan bahan pakan pengganti jagung atau bahan tambahan lainnya.

Selain kandungan protein dan nutrisi yang ada pada jagung, masih ada lagi kandungan pada jagung yang memiliki manfaat tinggi, yaitu xantofil. Xantofil bermanfaat sebagai pemberi warna kuning agar lebih terang pada bagian kaki, kuning telur dan juga kuku unggas. Bagian jagung yang memiliki kandungan xantofil yaitu pada bagian patinya.

Pengganti Jagung Untuk Ayam Petelur

1. Tepung Ikan

Bahan dasar dalam pembuatan tepung ikan tidak terpatok harus jenis ikan tertentu, jenis ikan apa pun yang ada di sekitar kita yang bernilai ekonomis dan mudah didapat. Dengan cara pembuatan yang terbilang mudah dan tidak memakan waktu produksi yang lama.

Cara pembuatannya dimulai dari penyiapan bahan, bisa menggunakan ikan teri atau keong lalu dibersihkan dengan cara dicuci hingga bersih.

Setelah dicuci, bahan ikan kemudian ditata rapi pada papan maupun wadah untuk dijemur di bawah sinar matahari agar kadar airnya menurun. Setelah dirasa sudah kering maka bahan ikan bisa diangkat dan dilanjutkan dengan proses penggilingan dengan menggunakan blender maupun chopper.

Kebutuhan tepung ikan ini berkisar 24% dari jumlah berat pakan yang ingin dibuat

2. Kedelai

Hampir sama dengan jagung, kedelai juga bisa dijadikan bahan pakan alternatif sebagai sumber protein bagi unggas.
Namun seperti yang kita ketahui bahwa kedelai dijual dengan harga yang lumayan mahal, namun jangan khawatir kita bisa beralih menggunakan ampas tahu sebagai alternatif. Ampas tahu ini bisa didapatkan dari limbah pabrik pengolahan tahu.

Kita membutuhkan kedelai sebanyak 11% dari jumlah total berat pakan. Pemberian ampas tahu sebagai pakan bisa diberikan secara langsung ataupun melalui penambahan konsentrat.

3. Bekatul

Bekatul merupakan bagian terluar dari bulir serealia dan sudah dipisahkan dari bulir serealia dengan menggunakan proses penggilingan.

Walaupun bekatul berasal dari bagian kulit terluar suatu serelia, namun ia masih memiliki kandungan gizi nutrisi yang layak dan bisa menunjang kebutuhan hewan ternak.

Bekatul mengandung vitamin B15, Kalsium yang baik untuk tulang dan cangkang telur ayam, Magnesium yang berguna untuk mengaktifkan enzim dalam produksi energi dan replikasi sel, mangan, zat besi dan kalium.