Resep Tempe Mendoan Sepesial

Resep tempe mendoan sepesial.Tempe mendoan menjadi salah satu makanan dengan rasa asin dan enak. Dimakan sendiri atau dengan sambal dan kacang serta sayuran berwarna terang, semua orang bisa sangat menikmatinya. Tempe Mendoan tidak hanya enak dan lezat, tetapi juga sangat mudah disiapkan. Bahan masakan ini juga cukup murah.

Berbicara tentang Tempe Mendoan, ada beberapa resep Tempe Mendoan yang enak dan lezat di luar sana. Anda bisa mencoba resep ini di rumah sebagai makanan berbuka puasa atau sebagai camilan setelah tarawih. Simak resepnya di bawah ini.Di web rumah mesin menyediakan mesin peniris minyak agar mempermudah anda saat meniriskan minyak.Resep tempe mendoan sepesial.

Berikut Resep Tempe Mendoan Spesial

Bahan bahannya:

  • Tempe Mendoan 1 buah
  • tepung sagu 100 gr
  • air 100 ml
  • Kaldu bubuk 2 gr / 1⁄2 sdt
  • Garam 1 gr / 1⁄4 sdt
  • Kerang 3 g / 1⁄2 utas
  • Kunyit bubuk 1 gr / 1⁄4 sdt

Cara membuatnya

  1. Iris tipis tempe mendoan atau bumbui sesuai selera.
  2. Campur semua bahan tepung tempe dan aduk hingga rata.
  3. Tutupi dengan campuran tepung tempe-mendoan cincang.
  4. Panaskan minyak untuk menggoreng.
  5. Dilapisi adonan tepung, goreng mendoan dengan api sedang hingga matang merata. Tiriskan Tempe Mendo yang sudah digoreng.
  6. Mendoan Tempe siap dihidangkan.

Manfaat Pada Tempe Mendoan

Makanan yang banyak dan harga yang terjangkau menjadikan tempa sangat digemari. Manfaat kesehatan dari tempe sangat beragam. Selain itu, olahan kedelai juga bisa dengan mudah dibuat di rumah.

  1. Memperbaiki Sel Yang Rusak Tempe merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Tugas protein ini adalah membangun dan memperbaiki tubuh dan sel. Protein ini termasuk dalam kelompok protein yang larut dalam air dan dapat mengaktifkan enzim proteolitik. Enzim ini berperan dalam memecah rantai protein agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, enzim proteolitik juga berperan dalam pembelahan sel, pembekuan darah, penguatan imunitas dan fungsi penting lainnya.
  2. Mencegah Osteoporosis Osteoporosis atau berkurangnya kepadatan tulang tentu menjadi masalah tersendiri. Karena jika dibiarkan tulang bisa menjadi keropos. Tempe mengandung potasium dan fosfor yang penting dalam mencegah masalah kesehatan tersebut.
  3. Mencegah Kekurangan Darah Manfaat tempe selanjutnya juga bisa sebagai pencegahan anemia. Tempe bisa menjadi pilihan makanan sehat karena mengandung vitamin B12. Dipercaya bahwa kandungan tersebut meningkatkan produksi sel darah merah.
  4. Menurunkan Berat Badan Tempe juga bisa menjadi menu diet yang sehat dan mengenyangkan. Kandungan proteinnya yang tinggi membuat tempe tidak berlemak. Penelitian mengatakan bahwa diet tinggi protein dapat memicu thermogenesis, yang membantu tubuh membakar kalori.
  5. Mencegah Diabetes Manfaat tempe yang lain adalah bisa menjadi menu sehat untuk membantu mencegah diabetes. Hal ini karena tempe mengandung isoflavon dan serat yang dapat menjaga gula darah tetap stabil. Tempe juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan resistensi insulin tubuh.

Kandungan Tempe

Sesudah mengetahui manfaat tempe, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja kandungan gizinya. Berdasarkan “Sementara:
Indonesia’s Offer to the World”, yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional (2012), fakta gizi tempe adalah:

  1. Asam lemak Tempe yang dihasilkan dari fermentasi menghasilkan asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak ini dapat menurunkan kolesterol serum dan menetralkan efek negatif sterol dalam tubuh. iklan
  2. Vitamin Setidaknya ada dua kelompok vitamin yang diketahui ada di dalam tubuh. Pertama, vitamin yang larut dalam air berupa vitamin B kompleks. Kedua, kelompok vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K. Selain kedua kelompok tersebut, vitamin lain yang terdapat pada tempe antara lain vitamin B1, B2, B6, B12, asam pantotenat dan asam nikotinat. .
  3. Mineral temporal mengandung mineral makro dan mikro yang cukup banyak. Beberapa bahan galian yang dimiliki candi adalah; Besi, Tembaga, Fosfor, Insitol, Kalsium dan Magnesium.
  4. Antioksidan Kandungan selanjutnya pada tempe adalah antioksidan berupa isoflavon yang terdiri dari daidzein, glisitein dan genistein. Sedangkan menurut komposisi makanan Indonesia, komposisi gizi 100 gram tempe; Air, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Abu, Kalsium, Fosfor, Besi, Natrium, Kalium, Tembaga, Seng, Beta-karoten, Tiamin, Riboflavin dan Niacin.