Zakat Peternakan dan Perhitungannya

berbagiberkah.org

Kebanyakan mata pencarian masyarakat Indonesia selain bertani adalah beternak. Salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh umatnya adalah menunaikan zakat. Selain mengeluarkan zakat fitrah pada bulan Ramadan, seorang muslim juga wajib mengeluarkan zakat harta dimana salah satunya adalah zakat hewan ternak. Perhitungannya pun berbeda dengan zakat mal pada umumnya.

Ketentuan Zakat Peternakan

Sebelum membahas tentang perhitungan zakat kambing atau perhitungan zakat sapi, terlebih dahulu kita harus memahami ketentuan zakat an’am:

Milik pribadi

Hewan yang dikeluarkan zakatnya adalah milik Anda sendiri. Sebab, dalam banyak kasus ditemukan bahwa ternak tersebut masih milik orang lain. Misalnya karena faktor kerjasama pembagian keuntungan atau faktor lainnya. Jika ada hak orang lain, diselesaikan dulu lalu hitung kembali apakah sudah mencapai nisab atau belum.

Mencapai Haul

Seperti halnya zakat mal, istilah Haul juga dikenal dalam zakat an’am. Jadi hewan yang boleh dikeluarkan zakatnya adalah hewan yang telah mendapat batas wajib zakatnya. Batasannya sendiri adalah satu tahun kepemilikan.

Dipelihara dan Dirawat

Hewan-hewan tersebut merupakan hewan yang dirawat dan dipelihara. Artinya, hewan-hewan tersebut dirawat dari segi kesehatan, pangan, dan kandangnya. “ Mengenai pada zakat kambing yang digembalakan (diternak), jika telah mencapai 40-120 ekor dikenai zakat satu ekor kambing”. (HR Bukhori No 1454)

Tidak Dipekerjakan

Hewan yang bisa dikeluarkan zakatnya bukanlah hewan yang biasa dipekerjakan atau hewan yang dimanfaatkan misalnya untuk membajak sawah, mengangkut barang dan lain-lain. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW: “ Tidak ada zakat bagi sapi yang digunakan untuk bekerja” (HR Abu Daud dan Daruquthni)

Hukum di atas merupakan penjelasan bagi siapa saja yang ingin mengeluarkan zakat hewan ternaknya. Jadi meskipun Anda memiliki hewan yang banyak, Anda tetap perlu melihat aturan di atas terlebih dahulu.

Perhitungan Zakat Peternakan

Zakat Hewan Ternak Kambing

Nisab Zakat  
40 – 120 ekor 1 ekor kambing  
121 – 200 ekor 2 ekor kambing  
201 – 300 ekor 3 ekor kambing  
Setiap bertambah 100 ekor 1 ekor kambing  

Baca juga : Mari Tunaikan Zakat Akhir Tahun, Hidup Semakin Berkah!

Zakat Hewan Ternak Sapi

Nisab Zakat
30 – 39 ekor 1 ekor anak sapi jantan atau betina berumur 1 tahun
40 – 59 ekor 1 ekor anak sapi betina berumur 1 tahun
60 – 69 ekor 3 ekor anak sapi jantan atau betina berumur 1 tahun
70 – 79 ekor 2 ekor anak sapi betina berumur 2 tahun dan 1 ekor anak sapi jantan umur 1 tahun

Zakat Hewan Ternak Unta

Nisab Zakat
5 – 9 ekor 1 ekor kambing
10 – 14 ekor 2 ekor kambing
15 – 19 ekor 3 ekor kambing
20 – 24 ekor 4 ekor kambing
25 – 35 ekor 1 ekor anak unta betina berumur 1 tahun lebih
36 – 45 ekor 1 ekor anak unta betina berumur 2 tahun lebih
46 – 60 ekor 1 ekor anak unta betina berumur 3 tahun lebih